Tuesday , 29 July 2014
Home » Handphone » Android » Cara Merubah External SD Card Sebagai Internal SD Card

Cara Merubah External SD Card Sebagai Internal SD Card

Kamu ingin tahu bagaimana caranya swap kartu memori internal dengan kartu memori eksternal pada Android, sehingga kamu dapat bermain game2 seperti Asphalt 7 dan banyak permainan lainnya yang membutuhkan memori penyimpanan yang besar.

Untuk melakukan Swap external SDcard menjadi internal Sdcard memerlukan akses root sehingga pastikan handheld sudah di Rooting…

Kami tidak bertanggungjawab atas kesalahan atau kerusakan yang disebabkan oleh langkah-langkah di bawah. Tidak ada garansi apapun yang diberikan. Silahkan ambil risiko sendiri.

Berikut Ini cara edit vold.fstab android
1.Buka Root Explorer, kalo belum punya donlot disini
2.Pergi ke folder System/etc
3.Cari file vold.fstab kemudian Backup aja dulu ( Jika menggunakan root explorer file yang asli akan dicopy jadi vold.fstab.bak atau biar lebih aman lagi backup melalui Recovery Mode )

4.Setelah itu edit vold.fstab, perhatikan contoh2 command dibawah ini hanya tukar posisi yang ditandai warna merah:

Contoh vold.fstab dari Sony Experia GO
dev_mount sdcard /mnt/sdcard 14 /devices/sdi4/mmc_host/mmc1/mmc1
dev_mount ext_card /mnt/ext_card auto /devices/sdi3/mmc_host/mmc3/mmc3

edit yang diatas menjadi:

dev_mount sdcard /mnt/ext_card 14 /devices/sdi4/mmc_host/mmc1/mmc1
dev_mount ext_card /mnt/sdcard auto /devices/sdi3/mmc_host/mmc3/mmc3

Contoh vold.fstab dari IMO S88
dev_mount sdcard /mnt/sdcard emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host

Setelah di edit menjadi:

dev_mount sdcard /mnt/sdcard2  emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/ sdcard auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host

Contoh vold.fstab dari Samsung Galaxy SII I9100
dev_mount sdcard /storage/sdcard0 11 /devices/platform/dw_mmc/mmc_host/mmc0/mmc0 encryptable_nonremovable
dev_mount sdcard1 /storage/extSdCard auto /devices/platform/s3c-sdhci.2/mmc_host/mmc1

Di edit menjadi:

dev_mount sdcard /storage/sdcard0 auto /devices/platform/s3c-sdhci.2/mmc_host/mmc1
dev_mount sdcard1 /storage/extSdCard  11 /devices/platform/dw_mmc/mmc_host/mmc0/mmc0 encryptable_nonremovable

Contoh vold.fstab dari Tablet ADVAN VANDROID T4i
dev_mount sdcard /mnt/sdcard/external_sdcard auto /devices/platform/AMLOGIC_CARD/card_host/memorycard0 /devices/platform/aml_sd_mmc.0
dev_mount flash /mnt/sdcard auto /devices/virtual/mtd/mtd8/avnftl8 /devices/platform/mtd/mtd8/avnftli

menjadi:

dev_mount flash /mnt/sdcard auto /devices/platform/AMLOGIC_CARD/card_host/memorycard0 /devices/platform/aml_sd_mmc.0
dev_mount sdcard /mnt/sdcard/external_sdcard auto /devices/virtual/mtd/mtd8/avnftl8 /devices/platform/mtd/mtd8/avnftli

8. Pastikan tidak ada yang dirubah selain text yang berwarna merah. Karena bila yang lain diubah maka bisa menyebabkan bootloop.
9. Setelah kita rubah kemudian Pilih Menu dan save.
10.Jangan lupa untuk lakukan set permission jadi rw-r-r (644)
9. Reboot

Tidak semua command vold.fstab disetiap ponsel ataupun tablet sama seperti diatas. Silahkan mencoba

Baca juga: Repartisi Internal Memory dengan Aplikasi

About Superuser

114 comments

  1. gan saya berhasil menukar external dan internalnya, tapi kenapa kok kapasitas sdcard nya jadi 0,00 k.. kira-kira salahnya dimana ya gan?

  2. kalo lenovo a800 bisa gk gan??

  3. Kalau galaxy ace 2 bisa gak? Kalau bisa caranya gimana?

  4. Kalo IMO S78 bisa gak gan? Trus caranye sama ma yg S88nye gak?

    • lihat aja sama ga struktur nya dengan imo s88,,,kalo sama kemungkinan besar bisa ikutin cara di imo s88…

  5. gan klo buat jp lenovo s880 gimana caranya?
    mohon penjelasnnya

  6. Gan kalo untuk LG optimus L3 II dula e435 bisa gak…

    • lihat aja patternnya mana yang sdcard mana yang external…..sebelumnya jgn lupa backup dulu vold.fstab…kalo ada apa2 gampang balikinya…

  7. nice info gan..
    kalo udah selsai dituker internal sama eksternalnya, masih perlu ga make link2sd ??
    ane user s88

  8. kalo untuk samsung ace GT-S5830 gimana caranya?

  9. ni microSd nya wajib Fat32 ga?
    tu waktu proses nuker, microSd dilepas apa dipasang ke HHnya gan?
    cz ane msih bingung..

  10. Gan, punya saya saya replace lupa nggak back up file vold.fstab, setelah saya restart malah memori internal nggak nambah dan memori external tidak terdeteksi. Bagaimana cara mengembalikannya. HP saya samsung GT S5830, mohon kirim ke email balasannya gan. Thx

  11. Ky ane kmrn niyh kasus’a gan.. :) Android’a ud di root gan?? Cb download root file manager & ES file manager dr play store trus buka folder etc pke root file manager cari vold.fstab klik edit pke ES note editor balikin vold.fstab yg agan gnti sesuai android agan trus save matiin android’a msk ke recovery mode wipe data factory reset&wipe cache.. ud deyh nrmal lg gan.. :)

  12. kalau untuk GT S5830 apa isiannya untuk vold.fstab nya.mohon bantuannya

  13. Gan kalo yg untuk new andromax tab7 vold.fstab nya gmn?

  14. kalo sony xperia miro gmn gan .,.,

  15. Klo mito A800 gimana cara ganti vold.fstab ? Mohon pencerahan, ya Gan ? Trm ksh.

  16. untuk galaxy grand i9082 gmn ya gan?

  17. wkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkwwkkwkkwkwkwkwk

  18. ini usahaku, mana usahamu? -_-

  19. trims mas agan,, this is working..:)

  20. jgn lpa backup. font yg dh di download rename jd DroidSansFallback.ttf trus di copas. ke system/fonts. font dngan nama td di haapus dlu tau di backup pastekan di situ jgn lpa di mount R/W. trus reebot. hp sampean dh di root. pke root explorer.

  21. Andreans Andreansyah

    sy coba di grand erorr

  22. permisi.master2…minta tolong untuk mito a300…ada yang tau kagak…hampir pasrah ni.kgak bisa2.

  23. Kalo buat xperia tipo dual gmn caranya?

  24. Kalo buat xperia tipo dual gmn caranya?
    Tolong donk!

  25. ciussss

  26. Firman Novianto yo…

  27. nek rak nganggo sing coro IMO rak iso ya..?

  28. klo hapus aplikasi bwn hp Ъϊśå
    gan??

  29. dev_mount sdcard /mnt/sdcard auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
    dev_mount sdcard2 /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/

  30. yg d rubah yv mn gan tanks

  31. om,setelah berhasil ,aplikasi2 yg tadinya ada sekarang ilang. Trus cara balikin aplikasinya yang tadi ada gimana,om?

    • yaialh gan kalo di swap semua aplikasi dan game yang kita install akan hilang…balikin aja pake titanium backup kalo sebelumnya pernah backup pake titanium…

  32. kalo lenovo A390 gimana gan gantinya alnya bingung kepanjangan, isinya gini:

    ## Vold 2.0 Generic fstab
    ## – San Mehat ([email protected])
    ##

    #######################
    ## Regular device mount
    ##
    ## Format: dev_mount
    ## label – Label for the volume
    ## mount_point – Where the volume will be mounted
    ## part – Partition # (1 based), or ‘auto’ for first usable partition.
    ## – List of sysfs paths to source devices
    ######################

    ## Example of a standard sdcard mount for the emulator / Dream
    # Mounts the first usable partition of the specified device
    dev_mount sdcard /mnt/sdcard emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
    dev_mount sdcard2 /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host
    ## Example of a dual card setup
    # dev_mount left_sdcard /mnt/sdcard1 auto /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host/mmc0
    # dev_mount right_sdcard /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.2/mmc_host/mmc2

    ## Example of specifying a specific partition for mounts
    # dev_mount sdcard /mnt/sdcard 2 /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/msm_sdcc.2/mmc_host/mmc1

    mohon penjelasannya gan terimakasih.,.,,.,..,.,

    • ga usah dilihat semua….fokus ke yang 2 baris tanpa tanda #
      kemudian tuker /mnt/sdcard dangan /mnt/sdcard2
      jgn lupa backup dulu filenya ya…n resiko tanggung sendiri ya

  33. gan klo buat lg l7 dual p715 bisa g gan mohon bantuany ane pngin instal game mc4 g kuat mmory internal ane mohon gan

  34. gan external card nya hrus udah fat32 atw maen hantam saja ???

  35. gan law untuk mito a300 gmana gan???

  36. kalau untuk imo tab z5 gmana gan??

  37. makasih banyak gan,,,,

  38. klo cara swap yg di atas sma g buat di advan t1d gan??? makasi,,,,

  39. gan bagusan repartisi ap di swap buat install games HD yg data nya cukup besar…??? oh iy gan knpa advan t1d g bsa install games aspal 8, fifa12 knpa y gan??? di info y gan makasi,,,,

  40. Arief Putrane Emak'e

    gan untuk contoh galaxi young apa aja yng di ganti gan….???

    • Master..klo buat hisense eg98 aka andromax u2 gmn y cara swap ny?
      Soal ny cm ada 1 line..

      Original :
      dev_mount sdcard /storage/sdcard0 auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host

      Thanks before..

  41. cara memperbesar kapasitas RAM gmna gan y,,,,???? info gan y makasi,,,,,

  42. Arief Putrane Emak'e

    tu kan cuman bwt mindahin ªăjjªªª . gk bsa merubah.solusix gmana gan.???

  43. Gan kalau untuk xperia e dual gmn crnya?

  44. Kalau bwt mito A800 gimana gan

  45. Dika Ristyant Punya

    Klo mito a800 apa ya gan e

  46. Izin sedot usahanya gan.tapi untuk andromax c jellybean gimana ya?trims banyak.

  47. Klo bwt lg l3 dual sim gmna gan.

  48. gan buat galmin 2 bsa ga ?

  49. kalau buat mito a300 gimana sih caranya

  50. gimana sih caranya buat mito a300

  51. cara set permission gimana?

  52. kalo untuk samsung galaxy mini 5570i gimana gan? apa aja yg dirubah?

  53. gan kalo LG Optimus L7 II P713 gimana nih? tolong pencerahannya

  54. mohon pencerahannya gan, maksudnya set permission jd rw-r-r tu gmn ya?

  55. kl untk galaxy chat bgmn gan????? tq

  56. Gan, kalo buat cross a88 gimana ?

  57. dev_mount sdcard /storage/sdcard0 emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host
    dev_mount sdcard2 /storage/sdcard1 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host

    itu yg d gnti yg mn gan tablet mito t700
    mhon bntuanya

  58. itu ntr pindah k sdcard ato ext sdcard gan,soalnya yg ext sd card msih ksong 2gg g bsa d isi

  59. udh sy cb kok ttep g pndah k ext sdcard y gan

    • lah kan tutorial ini khusus yang sdcardnya sebagai external….karena ada beberapa hape/tablet yang sudah otomatis sdcardnya sebagai internal sdcard…

      • gini loh gan…ada beberapa hape kalo install data game yang bisa sampe 1GB ga mau masuk ke sdcard…makanya tutorial ini dibuat…jika tablet agan ga bermasalah dalam hal ini…ga perlu menggunakan tutorial ini…karena memang sudah support…

  60. ow jdi bkan ext sdcard nya y gan,gmn y biar bsa pndah k ext sdcard

  61. thank u gan, ane berhasil ngrubah sd card lenovo a390
    ane jd internal

  62. gan kalo axioo picopad 3 bisa ga yah?

  63. kalo untuk tablet Treq Turbo tanpatombol volume, gimana gan ???

  64. bos minta vold.fstab mito t720 ?soalnya punyaku kehapus

  65. gmna klo samsung galaxy gt s6310

  66. saya coba dulu gan di Mito Prime, semoga sukse s:D

  67. kalo cross a88 gimna coba copy semu tex nya tex saya ilang memory ny gg le detec

  68. gan,, uda berhasil ni, xperia miro saya,, thank bgt ya ,,
    klo buat experia c1505 gmn,,??
    ,,satu lagi gan, kalo mengembalikan ke semula gimna??,,

  69. gmn caranya membesarkan kapasitas RAM gAns….
    mohon info Nya yaaa gAns….
    thanks

  70. Tadin Anyar Beatbox

    gan hp ane jadi eror gmna nih, jadi system hp nya gx ngebaca sdcard. hmm

  71. Tadin Anyar Beatbox

    kan naro nya di sdcard, nah trus si hp nya gx bsa ngbaca sdcard, soalnya ane ngback up nya di kartu sd., trus gmana min, please tolong tolong bantuin gan?

  72. Tadin Anyar Beatbox

    gx bisa gan, mw diflash takut bootlop :)

  73. Tadin Anyar Beatbox

    iyh gan abisnya ram ane kcil cma 256 mb doang, hp ane spc s1 link ,mw di flash tpi kut botloop, gmna yahh? pusinggg

  74. Gen kl pnya i9082 gmn crax???

  75. klo pakai memory biasa yg class 4 bisa g gan..p harus memory clas 6 n 10

  76. Duitt Lawas Lakugabriel

    klo pakai memory biasa bisa g gan y class 4 apa harus pakai memory yg class 6 n 10

  77. Cara set permissionnya gimana ya gan ?

  78. maaf kalau k touch bs g ya gan

  79. Gan kalo cara kaya gini gimana ya# Copyright (c) 2012, The Linux Foundation. All rights reserved.
    #
    # Redistribution and use in source and binary forms, with or without
    # modification, are permitted provided that the following conditions are
    # met:
    # * Redistributions of source code must retain the above copyright
    # notice, this list of conditions and the following disclaimer.
    # * Redistributions in binary form must reproduce the above
    # copyright notice, this list of conditions and the following
    # disclaimer in the documentation and/or other materials provided
    # with the distribution.
    # * Neither the name of The Linux Foundation nor the names of its
    # contributors may be used to endorse or promote products derived
    # from this software without specific prior written permission.
    #
    # THIS SOFTWARE IS PROVIDED “AS IS” AND ANY EXPRESS OR IMPLIED
    # WARRANTIES, INCLUDING, BUT NOT LIMITED TO, THE IMPLIED WARRANTIES OF
    # MERCHANTABILITY, FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE AND NON-INFRINGEMENT
    # ARE DISCLAIMED. IN NO EVENT SHALL THE COPYRIGHT OWNER OR CONTRIBUTORS
    # BE LIABLE FOR ANY DIRECT, INDIRECT, INCIDENTAL, SPECIAL, EXEMPLARY, OR
    # CONSEQUENTIAL DAMAGES (INCLUDING, BUT NOT LIMITED TO, PROCUREMENT OF
    # SUBSTITUTE GOODS OR SERVICES; LOSS OF USE, DATA, OR PROFITS; OR
    # BUSINESS INTERRUPTION) HOWEVER CAUSED AND ON ANY THEORY OF LIABILITY,
    # WHETHER IN CONTRACT, STRICT LIABILITY, OR TORT (INCLUDING NEGLIGENCE
    # OR OTHERWISE) ARISING IN ANY WAY OUT OF THE USE OF THIS SOFTWARE, EVEN
    # IF ADVISED OF THE POSSIBILITY OF SUCH DAMAGE.

    /devices/msm_sdcc.2/mmc_host auto vfat defaults voldmanaged=external_SD:auto

  80. ana juga sama ganmaslah nya gitu, di balikin sm yg lama ane ketik segala ampe pegel, tetep aja root aj yg g kbaca internal sm externalnya g kebaca gan, bantu gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>